Ruang bakar motor diesel
Pada umumnya ada 2 macam ruang bakar motor diesel yaitu: ruang bakar injeksi langsung (direct injection combustion chamber) dan ruang bakar tidak langsung (in-direct injection combustion chamber). Jenis ruang bakar injeksi langsung adalah mesin yang lebih efisien dan lebih ekonomis dari pada mesin yang menggunakan ruang bakar tidak langsung (prechamber), oleh karena itu mesin diesel injeksi langsung lebihbanyak digunakan untuk kendaraan komersial dan truk, selain dari itu dapat menghasilkan suara dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah.
Injection nozzle menyemprotkan bahan bakar berbentuk kabut langsung kedalam ruang bakar utama (main combustion) yang terdapat diantara cylinder head dan piston, lebih tepatnya diatas piston. Ruang bakar yang terdapat diatas piston merupakan salah satu bentuk yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pembakaran.
Berbeda dengan tipe pembakaran tidak langsung, pada motor diesel pembakaran langsung, injeksi bahan
bakar langsung ditujukan kedalam ruang bakar utama (combustion chamber), sehingga konstruksinya lebih
sederhana. Disamping itu tenaga yang dihasilkan akan lebih besar dibandingkan dengan tipe pembakaran
tidak langsung, namun karena membutuhkan tekanan kompresi yang lebih besar, maka suara yang ditimbulkan akan lebih besar, disamping itu membutuhkan material yang lebih kuat pula.
Bentuk Macam-Macam Ruang Injeksi Langsung (Direct Injection)
Keuntungan :
- Konstruksi cylinder head yang sederhana memperkecil kemungkinan terjadinya deformasi pada cylindaer head akibat panas.
- Jika panas yang hilang makin kecil diharapkan rasio kompresi dapat dikurangi.
- Pada tipe ini pemanasan awal tidak diperlukan untuk start dengan suhu atau temperatur udara sekitarnya normal.
- Efisiensi panas yang tinggi dapat meningkatkan output dan menghemat penggunaan terhadap bahan bakar yang digunakan.
0 komentar:
Post a Comment