Keausan pada tepi bagian luar lebih cepat, penyebabnya adalah :
- Pada umumnya beban bekerja lebih besar pada roda depan dibanding roda belakang.
- Pada saat membelok beban terbesar bekerja pada roda depan bagian luar.
- Pada roda depan terdapat camber dan toe in.
Rotasi Ban Bias Empat Dan Lima Pada Roda Mobil
Gambar dibawah ini merupakan cara bagaimana rotasi ban bias atau memindahkan ban dari satu sisi ke sisi lainnya
Rotasi Ban Radial Empat Dan Lima Pada Roda Mobil
Bila ban radial dipindahkan ke sisi lain akan menimbulkan suara berisik dan ban akan cepat rusak, sebab arah putaran roda menjadi berlawanan dengan arah semula. Nah...:D maka dari itu sangat dianjurkan untuk melakukan rotasi ban radial ke arah sisi yang sama, seperti gambar dibawah ini :Info Penting Untuk Ban Mobil Bias Dan Radial
- Sambil melakukan rotasi pada ban mobil, periksalah keadaan ban dari kemungkinan ban retak, dan ban aus atau tidak normal.
- Beberapa tipe atau model kendaraan, tekanan udara untuk ban depan dan belakang berbeda, sesuaikan tekanan udara ban dengan spesifikasi setelah melakukan rotasi ban. Namun yang saya sering jumpai untuk ban depan tekanan udaranya sekitar 30-32 psi dan ban belakang dengan tekanan 32-35 psi. Satu lagi ketinggalan hehe...untuk jenis udara yang digunakan untuk ban berbeda, itu dapat dilihat dari tutup pentilnya, jika tutup pentilnya berwarna hijau itu menggunakan nitrogen tetapi jika berwarna hitam berarti udara biasa :D.
- Ketiga untuk ban cadangan jangan dirotasi, karena penggunaannya hanya untuk sementara.
- Jika pada side wall terdapat tanda arah putaran sesuaikanlah arah putarannya.
0 komentar:
Post a Comment