Sistem Pompa Bahan Bakar Mobil
Karena letak tangki bahan bakar yang lebih rendah dari karburator maka bahan bakar tidak dapat mengalir dengan sendirinya dari tangki bahan bakar ke karburator, untuk mengalirkan bahan bakar tersebut diperlukan pompa bahan bakar. Ada 2 tipe pompa bensin, yaitu tipe mekanik dan tipe elektrik. Pompa bahan bakar tipe mekanik menggunakan diaphragma dan biasa digunakan pada mesin yang menggunakan karburator. Pompa bahan bakar tipe elektrik dipakai pada mesin yang menggunakan sistem EFI.Jenis Dan Macam-Macam Tipe Pompa Bahan Bakar Bensin Pada Mobil
1. Pompa Bahan Bakar Tipe Mekanik
Pompa bahan bakar tipe mekanik mempunyai sebuah diaphragma yang letaknya tepat ditengah tengah seperti terlihat pada gambar. Sepasang katup yang bekerja dengan arah yang berlawanan, dan dipasangkan dipasangkan didalam pompa. Katup ini digerakkan oleh daya balik diaphragma untuk menekan bahan bakar ke karburator. Diaphragma digerakkan oleh rocker arm yang digerakkan oleh putaran nok camshaft.Komponen-Komponen Utama Pompa Bahan Bakar Tipe Mekanik
- Katup Masuk
- Katup Keluar
- Diaphragm
- Oil Seal
- Pull Rod
- Insulator
- Blok Silinder
- Rocker Arm
- Pegas
Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Tipe Mekanik :
Langkah Hisap
Bila rocker arm ditekan oleh nok, diaphragma tertarik ke bawah, ruang di atas diaphragma menjadi hampa, katup masuk terbuka dan bahan bakar akan mengalir ke ruang diaphragma. Pada saat ini katup keluar tetap tertutup karena tekanan pegas.Langkah Tekan
Nok (cam) berputar, maka rocker arm akan kembali ke posisi semula sehingga diaphragma didorong keatas oleh pegas, akibatnya bahan bakar terdorong melalui katup keluar kemudian mengalir ke karburator. Dalam keadaan seperti ini katup keluar terbuka dan katup masuk tertutup. Tekanan penyaluran pompa sekitar 0,2 s/d 0,3 kg/cm2.
Langkah Pengatur Hasil Pemompaan Atau Idling
Jika bahan bakar yang tersedia pada karburator sudah cukup maka diaphragma tidak terdorong ke atas oleh pegas, dan pull rod berada pada posisi turun. Hal ini disebabkan tekanan pegas sama dengan tekanan bahan bakar. Pada saat ini rocker arm tidak bekerja walaupun camshaft berputar, akibatnya diaphragma diam dan pompa tidak bekerja.Catatan Penting Untuk Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Mekanik :
Karena diaphragma akan menjadi buruk bila terkena minyak bensin, blow by gas dan lain-lain. Untuk mencegah hal ini pada pull rod dipasang oil seal. Oil seal ini juga dapat mencegah bensin mengalir ke silinder blok jika diaphragma-nya sobek. Pada bodi pompa juga diberi celah udara (vent hole) yang berfungsi untuk memudahkan menentukan kerusakan atau kebocoran dari diaphragma, disamping itu untuk memudahkan udara keluar pada saat diaphragma tertarik ke bawah. Bila diaphragma sobek bensin akan keluar melalui vent hole tersebut.2. Pompa Bahan Bakar Tipe Listrik Atau Electric
Pompa bahan bakar tipe listrik (electric fuel pump) menghasilkan tekanan 2 kg/cm2 atau lebih dibandingkan dengan pompa bahan bakar tipe mekanik. Selain itu juga getaran yang terjadi berkurang. Karena tidak digerakkan oleh poros nok, pompa bahan bakar tetap dapat mengirimkan bahan bakar walaupun mesin dalam keadaan mati dan tidak perlu pemasangan langsung pada mesin.Biasanya pompa ini dipasangkan di dalam tangki (in tank type) atau disekitar saluran bahan bakar (in line type). Bahan bakar ditekan oleh rotor atau turbin. Pompa bahan bakar tipe turbin tidak menimbulkan bunyi dan tidak memerlukan silencer seperti yang digunakan pada tipe rotor.
Nama Komponen Utama Pompa Bahan Bakar Listrik Atau Electric
- Relief Valve
- Rotor
- Armature
- Diaphragm Chamber
- Silincer
- Check Valve
- Brush
- Magnet
- Pump Spacer
- Roller
- Impeller
- Casing
Apakah pompa bensin elektrik bisa di repair ? seperti repair dinamo.
ReplyDeletebisa gan
ReplyDeleteCara kerja pompa bahan bakar listrik gimana
ReplyDelete