Memahami bagaimana fungsi dari komponen-komponen kendaraan mobil sangatlah penting, seperti yang akan dishare sekarang tentang bagian roda mobil yaitu ban. Sering kita menyebut roda itu adalah ban, tetapi sebenarnya ban itu adalah bagian dari sebuah roda mobil, gini deh secara garis besar apa itu roda ?...nahhh roda yaitu bagian yang menopang kendaraan, yang terdiri dari ban dan pelek, sudahkan gak kebalik atau gak tertukar lagi mana ban mana roda ? -___- hehe :D
Kendaraan yang menggunakan ban pneumatik diisi dengan udara bertekanan. Ban adalah satu-satunya bagian kendaraan yang berhubungan permukaan jalan. Ban tidak dapat berdiri sendiri pada kendaraan, akan tetapi harus dipasang pada pelek supaya dapat dipergunakan.
Ban mempunyai fungsi sebagai berikut :
- Menahan seluruh berat kendaraan.
- Karena berhubungan dengan permukaan jalan, maka ban akan memindahkan gaya gerak dan gaya pengereman kendaraan ke jalan, dan juga mengontrol start, akselerasi, deselerasi, pengereman dan berbelok.
- Mengurangi kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak beraturan.
![]() |
Konstruksi Dasar Ban |
- Carcass (Cassing)
- Tread
jalan. Pola tread terdiri dari alur yang terdapat pada permukaan tread, dan dirancang untuk memperbaiki kemampuan ban dalam memindahkan gaya ke permukaan jalan.
- Sidewall
melentur di bawah beban yang dipikulnya selama berjalan. Di sidewall tercantum nama pabrik pembuat, ukuran ban, dan informasi lainnya.
- Breaker
- Belt (Rigid Breaker)
diantara carcass dan karet tread, untuk menahan Carcass dengan kuat. Ban untuk mobil penumpang menggunakan rigid breaker yang tersusun dari kawat baja, rayon atau polyester, sedangkan untuk bus dan truck menggunakan rigid breaker dari kawat baja.
- Bead
samping ply dikelilingi oleh kawat baja yang disebut kawat bead. Udara bertekanan di dalam ban mendorong bead keluar pada rim pelek dan tertahan kuat disana. Bead dilindungi dari kerusakan karena gesekan dengan pelek dengan jalan memberinya lapisan karet keras yang disebut Chafer strip. Konstruksi bead secara lebih rinci dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
![]() |
Konstruksi Bead |
- Flipper : Pembungkus bead wire yang memiliki bentuk sedemikian rupa sehingga cocok dengan bentuk ban pada bead (Memakai karet pengisi bead yang berbentuk segitiga).
- Bead Toe : Bagian bead sebelah dalam.
- Bead Heel : Bagian bead yang kontak dengan pelek pada flens.
- Bead Base : Bagian bead yang datar, yang berada diantara bead toe dan bead heel.
- Chafer : Lapisan terluar yang membungkus bead untuk mencegah kerusakan karena gesekan dengan pelek.
- Bead Wire : Kawat baja yang mengandung kadar karbon tinggi menjamin pemasangan ban ke pelek.
0 komentar:
Post a Comment